RESEP FAVORITE SAAT RAMADAN

by - May 06, 2021

Sejujurnya, tahun ini aku agak malas masak dan mengandalkan beli takjil biar lebih ringkes. Selain karena masih disibukkan dengan pekerjaan, aku juga lagi seneng bikin kue-kue supaya enggak stress di depan laptop terus. Nah, efeknya, masak pun jadi agak keteteran. Sehari-hari menu masak bisa dipastikan biasa aja sih enggak ada yang istimewa. Aku sering pesen sayuran tinggal cemplung for the sake of sanity karena udah capek kalau disuruh ngupas-cincang-sampai uleg-uleg bumbu. Jadi ya, pasrah bongko'an beli yang udah ada bumbu sekalian. Ini enggak instan sih, tapi bumbunya ala rumahan gitu, jadi masih aman.

Tapi kalau ditanyain apa sih resep andalanmu saat ramadan? Biasanya aku masak yang gampang dan enggak butuh banyak elemen. Lagian kalau makan malam, aku enggak bisa makan banyak dan kalap. Begah tong! Awal-awal ramadan gitu soalnya, mungkin karena saking hype-nya. Alhasil sering kerasa sakit perut sampe nusuk dan bikin semalaman enggak nyenyak tidur. Kebiasaan buruk itu langsung aku ubah dan sekarang much better lah. 

Oh iya, beberapa resep gampang lain yang bisa kalian contek:


Seperti yang aku bilang kalau aku suka yang simple, jadi resep favorit ku ini juga enggak perlu banyak bahan dan adegan aneh-aneh sih. Apalagi aku juga lagi suka makan sayur-sayuran. Boleh lah sesekali makan asal-asalan, tapi buah dan sayur tetap jadi the best asupan. Resep-resep di bawah ini, aku bikin pas lagi capek dan enggak pengen ribet. Was wes wos, langsung lhep tinggal makan.


RESEP FRENCH TOAST RUMAHAN

Sebelum demam kopi janji jiwa disusul dengan menu andalan toast-nya, aku udah sering bikin toast ala rumahan. Mungkin rasanya enggak se-kaya Janji Jiwa punya, tapi udah lumayan lah dan pastinya lebih murah. Bahan-bahannya pun menurutku enggak terlalu susah, mahal enggaknya relatif soalnya. Tapi yang pasti, aku biasa sedia roti tawar, telor, dan frozen food juga. Cus yuk kita bedah bahannya.

BAHAN
- 5 slice Roti tawar (aku lebih suka kupas)
- 4 telur ayam
- Parutan keju sesuai selera
- Susu full cream dikit aja buat menambah selera
- Merica, Totole
- Mentega
- Oregano

ISIAN
- Daging asap
- Selada
- Mayonnaise
- Tomat (sesuai selera)
- Keju sesuai selera, kalau aku pakai mozarella.

Caranya:
1. Belah roti tawar menjadi 2 bagian segitiga. Lalu sisihkan dulu.
2. Kocok telur ayam, tambah parutan keju, dan susu full cream dikit. Kalau perlu tambahin merica dan penyedap rasa totole, serta oregano biar rasanya jadi kaya.
3. Gulingkan roti tawar yang udah dibelah pada telur yang telah di-mix tersebut. Semua bagian harus kena ya, karena bikin roti makin gurih dan kriuk.
4. Panaskan teflon dan oles margarin hingga harum. Panggang roti yang sudah dibaluri telur sampai agak berubah warna. Oh iya, api kompornya jangan terlalu besar, kecil aja yang penting panasnya merata. Di sini aku panggang rotinya enggak terlalu coklat, karena nanti mau dipanggang lagi.
5. Untuk isian, misal mau daging asap, kita perlu memasaknya dulu. Aku bikinnya pakai teflon yang dioles margarin juga. Kalau enggak ada daging asap, bisa diganti dengan telor, atau ayam fillet juga enak kok.
5. Susun roti dengan isian seperti sandwich, dan bikin kreasi sesuai selera. Aku sering nambahin mozarella karena jatuhnya nanti mulur. Enak deh dimakan hangat-hangat.
6. Nah, kalau sudah, panggang lagi dengan api kecil sampai mozarellanya melted. 
7. Step terakhir, taruh selada di tengah-tengah, karena aku lebih suka selada yang krispi dan enggak ikut kemasak. Sudah, jadi deh.

Menu di atas biasa aku bikin buat takjil, atau kalau pas malam aku laper lagi, aku suka bikin French Toast ini. Simple, enggak butuh banyak element, enggak cincang-cincang, dan yang pasti cepet. Kalau enggak percaya cobain deh, pasti ketagihan hehe.

Oh iya, kalau hari-hari biasa, menu ini biasa aku bikin untuk sarapan, atau bekal Alya les. Anaknya seneng juga sih. Karena Alya suka daging asap dan emang penyuka roti garis keras. Nah... kalau kalian suka bikin resep apa? Share di kolom komen ya :)


#BloggerPerempuan
#BPN30dayRamadanBlogChallenge2021
#day 24

You May Also Like

0 komentar