5 SITUS INDONESIA FAVORIT 2018

by - December 18, 2018

Namanya juga tiap hari kerja di rumah doang, buka laptop, kerjaan via online, ya mau enggak mau kudu buka beberapa situs buat membuka wawasan. Walaupun kadang lebih seneng scroll berita lewat handphone sambil tiduran, yang ulala bebih asiknya, tapi browsing situs via laptop tetep bikin kita fokus buat cari berita dan informasi terkini.

Coba deh, kalau otak-atiknya via handphone, pasti rasanya gateeeel pengen buka instagram. Iya apa iya? Nah, buka laptop nih beda, lebih kerasa beneran cari informasinya. Alya saja tahu kalau Mama lagi buka laptop, tandanya Mama sedang bekerja. Hiahaha.

Situs yang aku kunjungi cukup random. Pagi-pagi baca berita sambil dengerin spotify, atau malah langsung youtube-an nontonin video enggak penting. Pokoknya, dengan membuka internet, banyak hal yang aku dapetin.

Nah, setelah dipikir-pikir, ternyata ada loh situs-situs yang sangat membuka wawasan bagi aku pribadi. Kadang bisa menginspirasi untuk bahan ngeblog, sampai bahan bacaan baru buat bikin naskah program TV.

Mau tau enggak apa saja? Ini dia:

1. Female Daily 

Aku sudah jadi silent reader FD sudah sejak 2010-an, waktu itu nyari review produk, eh ketemu FD Forum, ya sudah, aku langsung khusyuk baca-bacain komennya. Yang dibahas seputar wanita, terutama kecantikan. Member FD biasanya sudah sangat fasih dan paham dalam mengenal skincare, jadi aku kadang takut cuy kalau mau nimbrung. Pernah sih cuma beberapa kali, dan itupun cuma sebatas kasih info ketika menggunakan produk.

Semakin ke sini, FD makin informatif dan gampang dijangkau. Mulai dari penggunaan media sosial buat menunjang artikel, sampai bikin konten di youtube soal skincare secara detail. Orang-orang di balik layar FD pun juga sudah pada memperkenalkan diri. Dari followers orang di balik layarnya saja sudah banyak, jadi enggak heran sih, kalau FD bisa segedhe ini.

2. Mommy Daily



Digagas oleh Female Daily Network, timbullah Mommiesdaily. Sesuai namanya, sasaran utama  situs ini adalah para ibu yang melek dunia. Aku biasa baca artikel yang sangat relate dengan kehidupan sehari-hari. Gaya bahasanya enak dibaca, enggak terkesan menggurui, juga informatif sekali.

Kadang lewat mommiesdaily lah aku jadi sadar, bahwa para wanita di dunia ini enggak sama. Yang kita butuhkan adalah sikap realistis bahwa jadi ibu pun kita bisa berkeluh kesah, saling berbagi, dan butuh hiburan. Mommiesdaily sangat akrab dengan hal-hal seperti ini. 

3. Mojok.co


Situs yang cadas dan sarkas, siapa lagi kalau bukan mojok.co. Kayaknya nih, orang-orang di balik layarnya dulu sering ngoceh di twitter dan yang banyak followersnya gitu loh. Sebut saja Puthut EA dan Agus Mulyadi. Jagad twitter siapa sih yang enggak kenal mereka?

Artikel di mojok gaya bahasanya asik, ala anak muda, yang nyindirnya enggak kira-kira. Kalau kalian pengen nulis di mojok juga bisa kok. Topik yang dibahasnya pun macem-macem, mulai dari politik, tren terbaru, otomojok, curhat, sampai komik. Cuma yang harus dipahami, pastikan tulisan kalian punya karakter unik dan lucu, bahas sesuatupun dari sudut pandang yang anti mainstream, karena apa? Kalau biasa saja ya enggak mojok namanya.

4. Vice Indonesia


Agak berbeda dengan mojok yang mengaku media selow. Vice dibuat lebih matang lagi. Topiknya lagi-lagi politik, Indonesia, serta lingkungan. Dalam investigasinya, Vice enggak main-main sih, tuntas lah istilahnya. Bahkan beberapa kali seberani itu dalam mengungkap sebuah fakta.

Pembaca Vice juga tipe orang yang suka sama hal-hal berbau dokumenter dan penelusuran kasus. Vice bahkan juga punya channel youtube, agar lebih detail lagi memvisualisasikan kasus. Meski ada satu dua artikel yang kadang aku enggak setuju sama pointnya, tapi untuk ukuran portal media, Vice masih di jajaran juara.

5. Tirto.id


Pegungkapan fakta, investigasi kasus mana lagi yang syarat dengan infografik seperti Tirto? Tirto tampak detail menyajikan berita. Begini ya, tidak semua orang mau baca, tapi semua orang pengen informasi sejelas-jelasnya. Jadi di sinilah fungsi utama infografik dengan desain yang pas.

Di saat media lain mengungkap sebuah kasus dengan recehnya dan clickbaitnya, Tirto diam-diam langsung menelurkan pendalaman kasus yang sedetail-detailnya. Sebut saja, waktu tragedi Lion Air JT 610. Media lain mungkin saja mikirin ini berkaitan dengan hal ghaib, sampai mengungkap nama-nama korban. Nah, Tirto berbeda. Situs ini langsung mengupload artikel mulai dari kronologi versi Basarnas maupun teka-teki keberadaan mekanik. Point utamanya adalah, sudut pandang yang berbeda.

Tirto tidak hanya mengupas tuntas fakta dan bukti secara nyata, namun juga wawasan tentang kasus yang sedang terjadi. Jadi, para pembaca juga dituntut jeli dan pintar menanggapi situasi.

***
Aku suka baca berita dari berbagai macam situs sih sebetulnya, tapi untuk yang intens dibaca, ya dari situs-situs yang berbeda. Karena gaya tutur dan sudut pandang itu sangat berpengaruh untuk para pembaca. Kita mau digiring kemana nih, kita mau dapat info apa sih, sampai apa sih manfaat baca berita ini. Aku banyak belajar dari artikel juga kok. Misal mau nulis skenario pun, tetep kudu tahu gaya tutur dan sudut pandang. Mau yang biasa saja atau yang berbeda. Nah ini nantinya yang akan berpengaruh pada sasaran kita. 

Yang terpenting, jangan lupa tetap perkaya wawasan kita dan jangan gegabah menilai suatu berita. Okay sodara-sodara?

#BloggerPerempuan
#BPN30dayChallenge2018
#day 29

You May Also Like

1 komentar

  1. keren2 mbak rekomendasi situsnya..aku belom pernah mampir ke Mojok.co nih, bakal jadi next fave reading list aku kayanya..

    ReplyDelete