AKUN RESEP MASAKAN FAVORIT

by - April 29, 2021

Ngomongin soal masak, aku tuh dari dulu sering dianggap enggak bisa masak. Jadi misalnya nih, ada kesempatan masak bareng temen-temen gitu, dari segala bentuk rupa temenku pasti tandang gawenya di dapur, sedangkan aku lebih dipercaya untuk urusan resik-resik alias cuci piring sak dabreg kere! Tenang, aku enggak sakit hati, karena ya emang diantara mereka, aku paling B aja kalau urusan masak. Bisa sih bisa, tapi ya mending masak buat diri sendiri aja hahaha.

Nah, waktu kerja, strataku mendadak berubah. Mungkin karena banyakan temen cowok, jadi mereka mikirnya aku lebih bisa diandalkan di dapur. Terbukti dari yang cuma bagian cuci cuci aja, naik kelas jadi.... NGUPAS BAWANG. Enggak apa-apa, aku terima! Pokoknya mah, aku enggak pernah nolak karena abisnya kan makan enak. Apalagi di kantor dulu, ada salah satu kameramen tapi jago masak, bahkan pernah kursus Chef. So... deal lah ya.

Saking seringnya masak-masak, aku pun jadi tertarik buat masak sendiri yang lebih proper. Kalau yang biasanya cuma bisa masak semur telor, sop, sayur bayam alias yang gampang-gampang, aku mau yang lebih susah lagi macam opor ayam, atau sambal goreng hati! Sini mah aku ladeni. Karena ternyata, ketika duitku mepet, memasak lah yang jadi solusi. Dan aku baru menyadari, bahwa memasak ada basic survival skill yang emang harusnya tiap orang bisa, tanpa terbatas gender!


Move to udah punya keluarga, ternyata aku punya Suami yang jago masak juga hahaha. Antara enak sama tertekan karena banyak cibiran sih sebenernya. Aku tahu Mas Didit bisa masak emang sejak pacaran, tapi ya pas pacaran enggak sesering aku. Baru ketika nikah, dan kami sering bagi tugas, aku baru nyadar kalau dia pinter eksperimen dan masakannya lebih enak ketimbang masakanku hehoooo hallo! Mulai dari japanese food, bikin pisang ijo makasar, donat kentang, puding, sampai western food. Kurang apa coba!

Makanya, kadang aku enggak mau kalah harus bisa masak enak juga, dengan alasan supaya orang lain tuh tahu kalau aku juga berusaha masak, enggak ongkang-ongkang you know! Apakah ada yang sama? Sini kita pelukan dulu. Jengkel tahu lama-lama dinyinyirin terus T.T

Tapi, sebagai wonder women, kita enggak boleh sedih berlarut-larut. Zaman modern gini semua serba dimudahkan, dan kita bisa memilih apa yang kita suka. Soal masak, gampang! Kita bisa contek resep yang tersebar di beberapa media, baik blog, maupun sosial media. Yes, enggak perlu pusing, tinggal praktekkin. Nah, akun apa aja yang aku ikutin dan sempet praktekkin beberapa resepnya? Ini dia!

Akun ini milik Endang Indriani yang sudah sejak 2010 menjadi blogger. Foto-fotonya bagus, karena dia juga pakai kamera semi profesional. Gaya bahasanya ringan, mudah dimengerti, dan resep masakannya pun beragam. Dari nastar, kaastengel, cake, nugget, mashed potatoes, sampai yang terbaru ini: pepes ayam kampung! 

Baca blog maupun akun instagramnya Mbak Endang ini berasa kayak kita tuh dikasih visual secara rinci step by step-nya, tapi juga sambil cerita-cerita, jadi kalau dijadiin sebuah program TV bakal enggak boring! Oh lupa, Just Try and Taste juga sudah menelurkan book series, yang bisa juga dibeli via app store. 

Satu ini berbeda, identik dengan fun dan lebih ke masakan yang gampil seperti memanfaatkan bahan di sekitar. Yackikuka lebih sering bikin video pendek, yang ringkas dan gampang diingat. Dia juga punya akun youtube serta hits pakai Tik Tok. Pokoknya kalau udah mentok bingung mau masak apa, enggak pakai ribet, langsung cek akunnya deh, dijamin langsung banyak pilihan yang bisa kita praktekkin langsung.

Pernah meraih Best Food Blogger di tahun 2015, aku justru tahu Mbak Diah Didi dari temenku di Semarang. Temenku itu bilang kalau Mbak Diah Didi sampai di-endorse sebuah merek tepung, padahal awalnya cuma menulis hobby masaknya. Tapi aku lihat Mbak Diah ini juga sering ikut lomba kok. Jadi juga enggak main-main pastinya. 

Berbeda dengan 2 akun yang aku sebutin di atas, Mbak Diah Didi kalau nulis cenderung ringkas dan apa adanya. Jadi kalau baca dan lihat blog-nya, kita kayak langsung dibimbing masak tanpa harus bertele-tele. Ibaratnya, Mbak Diah Didi ini senior atau Mbak kita deh, tapi justru di situ kita ngerasa deket.

***
Sebenernya masih buanyak lagi akun resep masakan lain yang tentunya tak kalah menarik, tapi kalau yang paling sering aku lihat ya cuma 3 itu tadi. Kalau kebanyakan dapat resep masakan dari mana-mana, aku malah pusing. Mau ngikutin yang mana gitu. Pun ketiga akun di atas resepnya enak-enak kok! Jadi ya... udah lah ya, manut ketiga itu aja wkwkwk.

Nah, sekarang aku enggak perlu khawatir lagi soal masak memasak. Kamu minta apa, sim salabim sambil nyontek resep masakan mereka, niscahya jadi deh! Toh memasak itu gampang asal kita ada niatan dan keberanian eksperimen. Enggak perlu diambil pusing karena aku percaya selera tiap orang berbeda. Ya kan ya!



#BloggerPerempuan
#BPN30dayRamadanBlogChallenge2021
#day 17

You May Also Like

0 komentar