MUST HAVE TO CARRY-ON

by - April 20, 2021

Semenjak pandemi, bepergian jauh bisa dihitung dengan jari. Kalau enggak datengin keluarga deket, ya ngantor. Mostly masih wilayah Jateng kok, baru bulan Maret lalu aja berani ke Pangkalan Bun karena nikahan adik ipar, yang mau enggak mau harus datang. Well, aku bukan orang yang pinter ngatur barang bawaan kayak Suamiku. Kalau di rumah, hal-hal yang berkaitan dengan penataan ruang, orginizing barang, bersih-bersih, nyaris aku semua, dan Suami kayak pasrah aja. Tapi giliran pergi-pergi, semua printilan, semua barang wajib bawa, berikut cara packing, aku angkat tangan. Ngapain repot, kan udah ada jagonya hahaha. 

Maklum, Suamiku emang anak rantau. Keluarganya tersebar di Jawa-Kalimantan, jadi sejak kecil udah biasa bepergian. Dibanding keluargaku yang banyakan di Magelang, dan paling mentok merantau di Jakarta.

Nah, ketika aku bepergian, seringnya emang udah aku siapin, baru dimasuk-masukin ke tas oleh Suami. Untuk barang yang dibawa, aku sesuaikan dengan tujuan dan kondisi. Misal mau berapa hari, mau dalam rangka apa, kerja atau dolan, sampai berapa tas yang enaknya dibawa. Karena biasanya nih, kalau deket-deket doang sih, pakenya tas ransel atau tas jinjing doang. Bawa koper kalau bener-bener naik pesawat karena bisa muat banyak dan rapi.

Ketimbang jadi nggrambyang, aku kasih kalian barang-barang wajib bawa ketika aku harus ke luar kota sehari. Anggap aja aku ngantor dan harus PP Magelang-Semarang. Atau anggap aja aku harus syuting seharian dan sampai rumah tengah malam.


Biasanya, aku bawa 2 tas. 1 Tas ransel, 1 tas selempang atau waist bag. Masing-masing ada fungsinya. 1 Tas ransel biasanya jarang aku buka sampai tempat tujuan. 1 waist bag buat printilan dan bisa aku buka tutup sesuai keperluan. Here they are, aku klasifikasikan ya!

TAS RANSEL

1.  LAPTOP
Sebagai seorang penulis, satu gadget ini wajib dibawa. Mau acara dolan pun aku enggak bisa lepas dari laptop karena apa-apa aku kerjakan dari sini. Makanya, kalau mau milih/ beli laptop, biasanya pilih yang slim dan enteng, tapi punya kapasitas yang banyak dan speed yang cepet. Barang krusial ini paling penting apalagi sekarang apa-apa bisa serba remote.

2. CHARGER GADGET
Di tas ransel, aku juga bawa charger laptop dan HP. Aku letakkin di bagian pouch depan terpisah, yang paling mudah dijangkau. Apalah arti gadget tanpa charger soalnya. Kalau aku ngetik, biasanya bisa ngabisin waktu almost 10 hours, dan HP tentunya musti online terus kecuali pas enggak ada sinyal.

3. SEREP PAKAIAN
Enggak wajib sebenernya, cuma ini aku bawa karena aku gampang risih. Aku sering ngerasa bau apalagi waktu perjalanan. Jadi aku enggak mau temen-temen di dekatku ngerasa enggak nyaman. Sama-sama enggak enak soalnya. Pakaian serep yang aku bawa enggak aneh-aneh kok, paling cuma daleman sama kaos oblong doang. Kalau celana kan bisa dipakai berulang. Pakaian ini akan aku ganti ketika udah mau perjalanan pulang, atau sore hari ketika aku enggak bisa mandi. Fungsinya biar aku tetep bersih dan wangi. Rempong emang.

Oh iya, aku juga selalu bawa jaket tebel, karena aku sering kedinginan kalau malem-malem. Jaket tebel buatku sangat fungsional banget. Misal enggak kepake pun, bisa buat bantalan pas mau tidur di mobil haha.

4. BERSIH-BERSIH STUFF
Masih relate sama serep pakaian, aku pasti bawa peralatan bersih-bersih seadanya kayak sikat gigit + pasta gigi, pencuci wajah + sunscreen, dan sabun mandi ukuran kecil. Sabun mandi ini juga aku pakai buat nyuci tangan. Sebelum pandemi, perintilan ini sudah jadi must have to carry-on, until now and forever wkwk.

5. WATER BOTTLE
Satu hal ini wajib juga aku bawa. Aku emang biasa botol minum kemana-mana, tapi kalau kelupaan bawa ya enggak apa-apa, toh di jalan bisa mlipir sebentar ke warung dan beli air minum kemasan. Soalnya kalau bawa 1 botol pun masih kurang banyak buatku, paling nanti sampe kantor/ hotel baru ngisi lagi which is itu lama. Aku dalam perjalanan bisa habis 1 botol sendiri, belum kalau pas makan. Bingung sebenernya. Mau bawa botol minum sendiri tapi kurang. Mau beli minuman kemasan mulu kok sayang plastiknya.

WAIST BAG

Move ke tas kecil yah. Paling nyaman pakai waist bag. Eits jangan khawatir, sekarang waist bag cewek udah variatif dan cakep-cakep. Enggak terkesan tomboy lagi. Di tas ini aku bawa banyak banget printilan yang kadang kalau dikumpulin sama beratnya kayak bawa ransel. Apalagi kadang jatuhnya suami dan alya juga nitip barang. Misal jam tangan, kacamata, kunci... Jadi sekarang tiap mau bepergian, aku pasti nyuruh alya dan suami sama-sama pakai tas kecil biar enak ngaturnya. Soalnya kejadian beberapa kali semua dijadiin satu di tas-ku jadi tas ku sering jebol. Dan parahnya lagi, karena ngerasa keberatan, tas-ku jadi dibawain suami. Kebayang kan, banyak bapak-bapak bawain tas istrinya? Nah, itu tuh salah satu alasan utamanya.

1. DOMPET
Dulu waktu masih pacaran, aku suka dompet yang memanjang. Biar apa? Biar uangnya ketata, dan semua kartu bisa masuk tanpa harus ada tambahan dompet kartu. Sekarang udah beralih ke yang minim supaya lebih gampang masuk tas kecil. Dompetku isinya pasti beberapa lembar uang, recehan, kartu kesehatan, ID Card, KTP, SIM, dan yang paling penting ATM. 

2. HANDPHONE 
Barang selanjutnya adalah HP yang mana pasti semua orang bawa. Aku bisa edan kalau enggak bawa HP, karena barang canggih satu ini bisa berfungsi macam-macam. Bisa bayar makan, beli saldo OVO, GOPAY, transfer BANK, chatting, cek email, bahkan nyatet to do list sampai pengeluaran. 

3. HAND SANITIZER AND COSMETICS
Mau bilang selalu bawa hand sanitizer sejak dulu tapi takutnya pada enggak percaya hahaha. Tapi ini benar adanya. Dulu belinya merek eskulin gambar Mickey Mouse karena murah dan gampang ditemuin di indomaret. Ya kalau sekarang mah udah banyak ragam merek ngeluarin ini varian. Hand sanitizer bikin aku ngerasa nyaman karena aku sering pegang barang dan bikin tanganku penuh bakteri atau kotoran. Kalau enggak ada tempat cuci, hand sanitizer ini solusi praktisnya.

Furthermore, aku juga bawa cosmetics seperti bedak atau lip care product. Dua ini enggak pernah aku lupakan. Kalau alis biasanya sudah aku bentuk sejak di rumah, nah kalau siang misalnya abis wudhu atau cuci muka, aku sering kelupaan. Lebih sering pakai sunscreen lanjut bedakan dan pakai lip balm. Maklumlah, bibirku super kering dan gampang terkelopek kalau enggak lembap.

4. TISSUE
Ada dua, tissue basah dan kering. Belinya yang kecil-kecil aja, biar bisa masuk semua. Tissue kering buat elap-elap tangan atau badan, tissue basah mostly buat ngelap keringetan atau tiap abis cuci tangan. Jadi inget dulu zamannya jadi Unit Manager persyutingan, I always buy these 2 items for all crew, sampe pada kaget karena sebelum-sebelumnya jarang diperhatikan.

5. SUNGLASSES
Aku kadang pakai kacamata minus, kadang kalau mood dandan pakainya softlense. Suka-suka aku mau pilih yang mana. Tapi aku selalu bawa 2 pilihan ini, kalau misal pas lagi pakai softlense, aku bawa 2 kacamata: 1 kacamata minus, 1 kacamata hitam. Atau kalau pas pakai kacamata minus, aku bawa softlense karena sering tegang juga di area kepala. 

Sunglasses itemnya buat nyelametin aku kalau lagi bad mood, bad style, atau ngerasa enggak pede. Seketika pakai kacamata item, semua hal-hal tersebut lenyap dan jadi mood-ku kembali okay, so yeah, that's why i really love sunglasses.

***
Alright, I guess that's all I can share with you and I hope this post can be useful for you. See you on other post ya!

#BloggerPerempuan
#BPN30dayRamadanBlogChallenge2021
#day 9

You May Also Like

0 komentar