KEGIATAN DI KALA LIBUR

by - April 30, 2021

Meski aku kerja WFH dan libur bisa aku atur kapan aja, tapi kenyataannya, aku jarang menikmati waktu santai yang sebenar-benarnya. Aku bisa lembur di malam hari saat orang lelap dengan kelelahannya. Atau bisa juga dihajar kejar tayang saat weekend tiba. Maka, aku enggak bisa mematok dengan benar jika ditanya, "kapan kamu libur?" Misal ada orang yang butuh bantuan, atau pengen ngajakin liburan bareng, lebih enak ditentuin kapan waktunya, biar aku bisa me-manage kerjaanya dengan sendirinya.

So, di blog post kali ini aku mau cerita soal holiday activies-ku yah. Bulan lalu kami sempet mudik ke Pangkalan Bun karena ada nikahan adek iparku. Agak berat, tapi kami punya alasan kuat. Susah euy nolak Mertua yang udah 2 tahun lebih enggak ketemu kami. Plus ini nikahan adek ipar please, masa' enggak dateng. Jadi ya, kami berani-beraniin, apalagi bulan maret lalu, kami juga habis kena Covid-19. Mix sense sebetulnya. 

Sehari-hari, aku lebih sering menghabiskan waktu di rumah aja. Bukan karena aku introvert sih, karena aku justru lebih seneng dan enak kalau bisa ketemu orang banyak, biar dapet asupan energi baik dari cerita-cerita mereka. Cuma saat ini kan masih pandemi dan lebih nyaman enggak kemana-mana, jadi ya... tahu diri lah, aku udah lumayan terbiasa dan ngerasa aman ngapa-ngapain di rumah. Kalau keluar rumah, pastiii ada alasannya, enggak mungkin yang cuma buat foya-foya. Wong nongkrong di cafe aja, kalau kita buntu dan kadang sambil nyari makan bertiga. Ada kan kita punya fase malas masak. 

Anyway, aku udah renovasi taman dan beli oven nih, niatnya biar enggak mati gaya dan tetep produktif selama di rumah. Yang tadinya malas masak, karena ngerasanya cuma bisa masak menu itu-itu aja, paling enggak sekarang udah punya bayangan mau makan apa sejak sehari sebelumnya. Keren kan? Tolong dong, tepuk tangannya mana... Eaaa...


Keberhasilanku bisa bekerja dan ngapa-ngapain di rumah, salah satunya ya karena dukungan keluarga kecilku. Inget dulu waktu masih kerja hectic dari pagi sampai pagi lagi sempet sambat, "Ya Allah, kalau udah nikah dan punya anak, semoga aku bisa kerja dari rumah aja. Kasihan anakku nanti kalau jarang ketemu orang tuanya". Doa yang dijabah Allah ini tentunya juga perlu perjuangan yang enggak sebentar. Jadi jika sekarang aku bosen di rumah, aku inget-inget kembali tuh doaku sama Allah yang udah tercapai ini. Toh kalau mentok bosen, aku bisa jalan-jalan keliling kota dan ngobrol sama tetangga atau saudara. 

Nah, kalau pas ada waktu buat libur, which means, emang bener-bener enggak ada kerjaan, udah pasti bisa ditebak yaitu FAMILY TIME! Ya... walaupun tiap hari bisa lihat perkembangan Alya, tapi kan kadang tetep aku cuekin, apalagi pas banyak kerjaan. Boro-boro mau main sama Alya, yang penting tugas sekolahnya kelar, abisnya pasti aku suruh main keluar. Kasihan sebetulnya di rumah enggak ada temen, tapi ya gimana ketimbang kerjaanku enggak rampung! Huhuhu.

Ketika bisa santai enggak ada kerjaan, aku sedari pagi main sama Alya. Nonton film, ajakin becanda, bikin Tik Tok, nemenin maen sepatu roda, dan paling banter ajak dia nongkrong ke cafe-cafe deket rumah karena Alya seneng banget! Maklum, waktu Alya masih kecil, keadaan finansial kami belum stabil, hampir kekurangan malah. Jadi waktu udah lumayan ada sisa uang begini, aku kadang beliin Alya mainan atau ajakin dia makan makanan kesukaan, itung-itung sebagai penebus rasa bersalahku. 

Kebetulan suami juga kerja dari rumah, jadi kami tuh kalau misal mau libur bertiga, kadang salah satu pasti ada yang ngecek kerjaan. Susah rasanya kalau harus cari waktu yang bener-bener free barengan satu sama lain. Ada sih, tapi enggak sering. Tapi karena udah terbiasa, jadi ya, hal itu bukan lagi jadi halangan. Asal bisa dibawa mobile, atau bisa saling back up mah insyaallah aman. 

Selain jalan-jalan, saat ini kami lagi gencar bikin-bikin kue di rumah. Dulu sih cuma sebatas brownies, atau kue kukus yang enggak perlu oven. Sekarang udah ada oven gini lumayan ngebantu untuk killing time, karena terbukti kami jadi bisa seharian bikin kue. Awalnya kami nyoba pizza dulu, pakai dough bikinan sendiri dan dipake tipis biar bisa kayak pizza tradisional. Eh ternyata berhasil dong! Enak lagi. Terus kami bikin-bikin lagi aneka kue kreasi yang bisa kalian sebut sebagai keajaiban dunia karena seorang yosa bisa melakukannya hahaha.

Kalau udah bikin bareng-bareng gini, abis itu biasanya kami ngumpul di depan TV sambil cerita-cerita. Kadang godain Alya dan nanyain gimana kesehariannya, maklum jawabannya paling ngaco dan sering bikin kami ketawa. Atau kalau enggak, sambil nonton film animasi, yang pastinya bikin Alya bertanya sepanjang film-nya. Jadi mikir juga nih, emang lebih baik nonton film di rumah daripada di bioskop, karena kebayang cerewetnya Alya gimana apalagi kalau bosen di dalam. Wah, bisa-bisa tiket hangus sia-sia! 

Well, jadi relate dengan fase dilarang mudik yang tentunya banyak menuai pro dan kontra. Aku salah satu yang setuju karena aku enggak mau COVID-19 ini berlarut-larut. Sekarang mentang-mentang udah banyak yang di-vaksin jadi banyak yang nyepelein. Iya kalau pas kita terpapar selalu mild symptom kayak yang aku alami, lah kalau enggak? Kebukti loh kasus di India nge-peak sampai tidak terbendung lagi. Apalagi virus ini bermutasi jadi lebih horror lagi. Aku enggak mau terpapar yang kedua kali. Aku juga pengen menjaga kesehatan orang-orang di sekitarku, karena aku yakin, jarak udah bukan alasan untuk kita selalu dekat. Kalau bisa dihindari kenapa tidak. 

Manusia itu pada hakikatnya selalu berproses, belajar, dan beradaptasi. Saat ini kalau enggak saking kepepetnya ya aku enggak keluar rumah dulu. Sebelum-sebelumnya kalau keluar rumah, aku selalu ikuti anjuran Protkes dan serba hati-hati. Beberapa kali nongkrong di luar dengan melihat sikon dan hanya bertiga aja, atau pernah sesekali camping bareng temen-temen sekantor dengan peraturan yang udah ditetapkan. 

Melihat kasus covid-19 yang makin naik lagi, bikin kami mengalah dulu sama keadaan. Prinsip 3M + hindari kerumunan are still the best. Jadi, kami sedang dibetah-betahin di rumah, pokoknya gimana caranya biar tiap hari ada jeda buat bahagia. Holiday enggak holiday, kewarasan adalah yang utama. Mungkin belum bisa kemana-mana lagi, tapi kami yakin ini lebih baik untuk kehidupan nanti.

P.S: Fotonya pakai suasana pantai, supaya kerasa seger aja haha. Kangen sih, tapi ya sudah enggak apa-apa. Kita ciptakan suasana yang nyaman di rumah saja.


#BloggerPerempuan
#BPN30dayRamadanBlogChallenge2021
#day 18

You May Also Like

0 komentar